Welcome to My Blog Hope You Enjoy^^

Selasa, 06 Desember 2016

Makalah

KATA PENGANTAR

 

Alhamdulillah,  puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas  pertolongan dan  karunia-Nya kami dapat menyelesaikan pembuatan makalah pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan judul
“Mengolah Lembar Kerja Presentasi”. Shalawat serta salam semoga selalu terlimpahkan kepada Nabi Muhammad  SAW,  keluarganya, para sahabatnya, dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya.
Makalah ini disusun dengan kalimat yang sederhana serta efektif agar mudah dipahami. Pembahasan terdiri dari putusnya pernikahan  dikarenakan beberapa sebab serta tentang masa iddah.
Diharapkan dengan adanya makalah ini baik penulis maupun pembaca dapat memahami lebih dalam penyebab putusnya pernikahan dan masa iddah. Penulis  menyadari masih banyak kekurangan dalam  menyusun makalah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi terciptanya karya tulis yang  lebih baik.


Ciamis,  15 November  2016












BAB I

PENDAHULUAN


A.     Latar Belakang


Powerpoint 2010 merupakan salah satu program Microsoft office terbaru yang sangat populer dan banyak diminati untuk membuat sesuatu presentasi. Tampilan jendela kerja powerpoint 2010 tidak beda jauh dengan powerpoint 2007 versi sebelumnya sebagian besar fitur dari powerpoint 2010 disediakan dalam bentuk ikon pada sebuah tab dibagian atas jendela kerjanya fiturnya sangat dinamis dengan galeri tampilan sementara yang memungkinkan anda untuk dapat melihat tampilan sementara hasil perubahan sebelum menetapkannya sebagai pilihan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya, diharapkan anda akan lebih mudah mendesain sebuah presentasi dengan tampilan format yang menarik dan unik.

B.     Rumusan Masalah


1.      Bagaimana cara menyisipkan objek, diagram, chart, tabel, dan wordart?
2.      Bagaimana cara menyisipkan audio?
3.      Bagaimana cara mengatur efek animasi?
4.      Bagaimana cara mencetak slide sebagai hand out?

C.     Tujuan Masalah


1.      Untuk mengetahui bagaimana cara menyisipkan objek, diagram, chart, tabel, dan wordart.
2.      Untuk mengetahui bagaimana cara menyisipkan audio.
3.      Untuk mengetahui cara mengatur efek animasi.
4.      Untuk mengetahui cara mencetak slide sebagai hand out.


















BAB II

PEMBAHASAN


Membuat Lembar Kerja Presentasi


Langkah untuk membuat presentasi adalah:
1.      Dalam jendela Power Point 2010, klik tab File → New , dan pilih:
Ø  Blank Presentasion untuk membuat presentasi baru dengan lembar kerja slide kosong.
Ø  Recent Template untuk membuat presentasi baru dengan menggunakan pilihan template yang pernah digunakan sebelumnya.
Ø  Sample Templates untuk membuat presentasi baru dengan menggunakan pilihan template yang tersedia.
Ø  Themes untuk membuat presentasi baru dengan menggunakan pilihan slide yang sudah memiliki background slide.
Ø  My Templates untuk membuat presentasi baru dengan menggunakan pilihan slide yang sudah anda buat sendiri sebelumnya.
Ø  New From Existing untuk membuat presentasi dengan cara mengambil dari file presentasi yang sudah ada.
Gambar
2.      Sebagai contoh pilih blank presentasi dan klik tombol Create, atau tekan tombol Ctrl + N sehingga akan ditampilkan lembar kerja slide kosong seperti pada gambar:

3.      Dalam lembar kerja slde kosong tersebut, anda sudah bisa memulai mendesain objek-objeknya.

A.     Menyisipkan Objek, Diagram, Chart, Tabel dan Word Art.


1.      Menyisipkan Objek

a.       Objek Gambar
·         Klik ikon Insert Picture From File yang terdapat dalam lembar kerja slide. Atau pilih tab Insert, dan klik tombol dialog Picture dalam grup image untuk menampilkan kotak dialog Insert Picture.
·         Tentukan lokasi drive dan folder file gambar
·         Pilih file gambar dan klik tombol Insert untuk memasangnya.
b.      Mengambil gambar dengan screenshot
·         Sebagai contoh buka program Paint dengan cara: klik tombol Start → All Programs →Accessories → Paint
·         Buka program Ms-Power Point 2010. Kemudian pilih tab Insert, dan klik tombol screenshot dalam grup image untuk menampilkan jendela Available Windows.
Gambar:

·         Dalam jendela Available Windows, pilih gambar jendela Paint dan perhatikan dalam lembar kerja slide
c.       Memasang Objek Shape
·         Pilih tab Insert dan klik tombol shape dalam grup Ilustration untuk menampilkan daftar pilihan objek shape
Gambar
·         Pilih salah satu objek shape dan pasang dengan cara:
ü  Kilk pada lembar kerja slide sehingga objek akan dipasang dengan ukuran.
ü  Arahkan pointer mouse dalam slide dan lakukan proses klik tahan dan geser untuk memasang objek shape dengan ukuran yang diinginkan. Atau tekan tombol Shift klik tahan dan geser untuk memasang objek dengan ukuran simetris.

2.      Diagram

a.       Membuat Diagram SmartArt
·         Buat slide baru dengan pilihan layout Title and Content, dan klik ikon Insert SmartArt Graphic yang tertera dalam lembar kerja slide. Atau klik tombol smartart yang ada pada tab insert dalam grup illustration.
·         Pada panel bagean kiri, pilih tipe diagram yang akan anda buat dan pilih pula layout pada panel bagian kanan. Sebagai contoh tipe Cycle dengan pilihan layout Continuous Cycle. Selanjutnya klik OK.
·         Masukan teks ke masing-masing shape diagram dengan cara: klik area [ Text ] dan ketik teksnya.
b.      Membuat Diagram Grafik
·         Buat slide baru dengan pilihan layout Title and Content, Two Content atau Comparison. Dalam lembar kerja slide, klik ikon Insert Chart. Atau klik tombol Chart pada tab insert grup illustration.
·         Selanjutnya, pilih tipe grafik pada panel bagian kiri dan pilih pula model grafiknya pada panel bagian kanan. Setelah itu klik tombol OK, sesaat akan ditampilkan jendela MS-Excel, sebagai tempat untuk mengetik data sumber pembentuk grafik.
·         Dalam lembar kerja MS-excel ketikan data grafiknya dalam kotak range yang bergaris warna biru.
·         Selanjutnya tutup jendela MS-Excel dengan cara: klik tombol Close → Alt+F4

3.      Tabel

·         Buat slide baru dengan pilihan layout Title and Content
·         Dalam lembar kerja slide, kill ikon Insert Table untuk menampilkan kotak dialog Insert Table
·         Pada kotak isian Number of Columns tentukan jumlah kolom table yang dibutuhkan. Dan pada kotak Number of rows tentukan pula jumlah barisnya
·         Setelah table terbantuk, coba inputkan datanya

4.      Word Art

·         Aktif pada lembar kerja slide
·         Pilih tab insert dan klik tombol WordArt dalam grup Text
·         Pilih salah satu jenis wordart yang diinginkan dan ketikan isi teksnya dan klik diluar teks untuk mengakhirinya.

B.     Menyisipkan Audio


1.      Memasang Audio dari File


·         Pilih slide yang akan dipasang audio
·         Pada tab Insert dalam grup Media Clip, klik drop down tombol audio dan pilih audio from file sehingga akan ditampilkan kotak dialog insert audio
·         Tentukan lokasi file audionya kemudian pilih file dan klik tombol insert.
·         Klik tombol play untuk memainkan audionya. Jika ingin menghentikannya klik pause, untuk mengatur volume suaranya arahkan pointer mouse ke ikon kemudian geser sldernya keatas atau bawah.

2.      Memasang Audio dari Clip Art


·         Pilih slide
·         Pada tab insert dalam grup media klik tombol audio dan pilih clip art audio untuk membuka taskpane clip art
·         Klik tombol GO dan pilih salah satu audio yang tersedia dalam taskpane clip art.

3.      Memasang Audio dari Hasil Rekaman


·         Pasanglah microphone pada computer anda, dan aktifkan pada slide
·         Pada tab insert dalam grup Media klik tombol Audio dan pilih Audio Record untuk membuka kotak dialog Record Sound
·         Pada kotak isian Name ketik nama suaranya. Selanjutnya arahkan microphone ke sumber suara yang ingin direkam, dan klik tombol record untuk merekamnya. Jika ingin menghentikan proses rekamannya, maka klik tombol stop. Klik tombol play untuk menguji suara hasil rekamannya. Klik tombol OK untuk mengakhiri proses.

C.     Mengatur Efek Animasi


1.      Mengatur Awal mulai menjalankan Animasi


·         Pilih objek yang telah dianimasikan
·         Pilih tab Animations pada grup Timing bagian Start, pilih salah satu perintah berikut:
ü  On Click untuk menjalankan animasi dengan menggunakan tombol klik kiri mouse
ü  With Previous untuk menjalankan animasi yang terpasang pada beberapa objek secara otomatis dan bersamaan
ü  After Previous untuk menjalankan animasi yang terpasang pada beberapa objek secara satu persatu berdasarkan nomor urut.
·         Selanjutnya klik tombol preview atau tekan tombol F5 untuk mengujinya dalam tampilan slide show.

2.      Mengatur Durasi Jalannya Animasi


·         Pilih objek yang telah dianimasikan
·         Pada tab Animations dalam grup timing tentukan nilai durasinya pada kotak isian duration. Dengan catatan, semakin kecil nilai durasinya maka gerakan animasinya semakin cepat.
·         Klik tombol preview atau tekan tombol F5 untuk melihat hasilnya dalam tampilan slide show.

3.      Mengatur Waktu Mulai Dijalankannya Animasi

·          Pilih objek yang telah dianimasikan
·         Pada tab animation dalam grup timing tentukan nilai selang waktunya pada kotak isian Delay
·         Klik tombol preview atau tekan F5 untuk melihat hasilnya.

4.      Mengatur Urutan Jalannya Animasi


·         Pilih objek yang akan diatur urutan jalannya animasi
·         Pada tab animation dalam grup timing klik tombol move earlier atau move later dan perhatikan perubahan nomor urut animasinya
·         Klik tombol preview atau tekan F5 untuk melihat hasilnya.

5.      Menambah Efek Suara pada Animasi


·         Pilih objek yang telah dianimasikan untuk diberi efek suara
·         Pilih tab animations dan klik animation pane dalam grup Advanced animation sehingga akan ditampilkan taskpane Animation pane.
·         Dalam taskpane animation pane , klik kanan nama objek yang akan diberi efek suara dan pilih Effect Options untuk menampilkan kotak dialog efek.
·         Pada bagian Sound pilih efek suaranya. Jika ingin mengambil suara dari file koleksi pribadi, maka pilih Other Sound, jika ingin menonaktifkan maka pilih No Sound, klik tombol dan geser slidenya ke atas atau kebawah untuk mengatur volume suaranya.
·         Selanjutnya klik OK untuk mengakhiri proses
·         Klik tombol preview atau tekan F5 untuk mengujinya.

D.    Mencetak Presentasi Hand Out


·         Buka file presentasi yang akan dicetak, dan pasang kertas ke printer
·         Klik tab file → print untuk menampilkan jendela print
·         Pada kotak isian Coples tentukan jumlah salinan cetakan untuk tiap slide
·         Pada bagian printer pilih jenis printer yang akam digunakan
·         Pada bagian settings, pilih pengaturan pada tombol-tombol berikut:
Ø  Print All Slide, tombol ini memiliki pilihan:
ü  Print all slides untuk mencetak semua slide dalam presentasi..
ü  Print selection untuk mencetak beberapa slide yang terpilih.
ü  Print current slide untuk mencetak sebuah slide yang aktif atau terbuka dalam jendela power point.
ü  Custom range untuk mencetak slide tertentu.
ü  Print hidden sliders untuk mencetak slide-slide yang disembunyikan.
Ø  Full Page Side, tombol ini memiliki pilihan:  
ü  Full page slide, untuk mencetak halaman slide secara penuh.
ü  Notes Pages, untuk mencetak slide dalam bentuk catatan.
ü  Outline, untuk hanya mencetak teks dalam slide.
ü  Slide, untuk mencetak satu slide dalam satu halaman.
ü  Frame Slide, untuk mencetak slide dengan menyertakan frame nya.
ü  Scale to Fit Paper, digunakan apabila kertas dalam printer tidak mampu memuat ukuran slide.
ü  High Quality, untuk mencetak slide dengan kualitas tinggi.
ü  Print Comments and Ink markup untuk mencetak teks komentar dalam slide.
Ø  Collated untuk mengatur urutan percetakan slide.
Ø  Grayscale untuk menentukan warna hasil cetakan. Tombol ini memiliki pilihan berikut:
ü  Color untuk mencetak slide dengan hasil berwarna.
ü  Black & white untuk mencetak slide dengan warna hitam dan putih.
ü  Pure Black & White untuk mencetak slide dengan warna hitam dan putih walau printer-nya berwarna.
Ø Edit Header & Footer untuk mengubah isi catatan kepala dan catatan kaki dalam slide.
·       Setelah selesai mengatur tatanan percetakan, lanjutan dengan meng-klik tombol print untuk mulai mencetak.


BAB III

PENUTUP


A.     Kesimpulan


1.      Membuat Lembar Kerja Presentasi
Langkah untuk membuat presentasi adalah:
a.       Dalam jendela Power Point 2010, klik tab File → New ,
b.      Sebagai contoh pilih blank presentasi dan klik tombol Create, atau tekan tombol Ctrl + N sehingga akan ditampilkan lembar kerja slide kosong.
c.       Dalam lembar kerja slde kosong tersebut, anda sudah bisa memulai mendesain objek-objeknya.
2.      Menyisipkan Objek
a.       Objek Gambar
b.      Mengambil gambar dengan screenshot
c.       Mengambil objek shape.
3.      Diagram
a.       Membuat Diagram SmartArt
b.      Membuat Diagram Grafik
4.      Tabel
5.      Wordart
6.      Menyisipkan Audio
a.       Audio dari file.
b.      Audio dari galeri clip art
c.       Audio dari hasil rekaman
7.      Mengatur Efek Animasi.
a.       Mengatur awal mulai menjalankan animasi.
b.      Mengatur durasi jalannya animasi.
c.       Mengatur waktu mulai dijalankannya animasi.
d.      Mengatur urutan jalannya animasi.
e.       Menambah efek suara pada animasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA


Madiun, Madcoms. 2011. Microsoft PowerPoint 2010 untuk pemula. Yogyakarta.
      CV ANDI OFSET.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar