KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji dan syukur kami panjatkan ke
hadirat Allah SWT, atas pertolongan dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan pembuatan
makalah pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan judul
“Mengolah
Lembar Kerja Presentasi”. Shalawat serta salam semoga selalu
terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya, dan semoga
sampai kepada kita selaku umatnya.
Makalah ini disusun dengan kalimat yang sederhana
serta efektif agar mudah dipahami. Pembahasan terdiri dari putusnya
pernikahan dikarenakan beberapa sebab
serta tentang masa iddah.
Diharapkan dengan adanya makalah ini baik penulis
maupun pembaca dapat memahami lebih dalam penyebab putusnya pernikahan dan masa
iddah. Penulis menyadari masih banyak
kekurangan dalam menyusun makalah ini.
Oleh karena itu, kritik dan saran sangat kami harapkan demi terciptanya karya
tulis yang lebih baik.
Ciamis,
15 November 2016
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Powerpoint 2010 merupakan salah satu program Microsoft
office terbaru yang sangat populer dan banyak diminati untuk membuat sesuatu
presentasi. Tampilan jendela kerja powerpoint 2010 tidak beda jauh dengan
powerpoint 2007 versi sebelumnya sebagian besar fitur dari powerpoint 2010
disediakan dalam bentuk ikon pada sebuah tab dibagian atas jendela kerjanya
fiturnya sangat dinamis dengan galeri tampilan sementara yang memungkinkan anda
untuk dapat melihat tampilan sementara hasil perubahan sebelum menetapkannya
sebagai pilihan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya, diharapkan anda
akan lebih mudah mendesain sebuah presentasi dengan tampilan format yang
menarik dan unik.
B.
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana cara menyisipkan objek, diagram, chart, tabel, dan wordart?
2.
Bagaimana cara menyisipkan audio?
3.
Bagaimana cara mengatur efek animasi?
4.
Bagaimana cara mencetak slide sebagai hand out?
C.
Tujuan Masalah
1.
Untuk mengetahui bagaimana cara menyisipkan objek, diagram, chart, tabel,
dan wordart.
2.
Untuk mengetahui bagaimana cara menyisipkan audio.
3.
Untuk mengetahui cara mengatur efek animasi.
4.
Untuk mengetahui cara mencetak slide sebagai hand out.
BAB II
PEMBAHASAN
Membuat Lembar Kerja Presentasi
Langkah
untuk membuat presentasi adalah:
1. Dalam jendela Power Point 2010, klik tab
File → New , dan pilih:
Ø Blank Presentasion untuk membuat
presentasi baru dengan lembar kerja slide kosong.
Ø Recent Template untuk membuat presentasi
baru dengan menggunakan pilihan template yang pernah digunakan sebelumnya.
Ø Sample Templates untuk membuat
presentasi baru dengan menggunakan pilihan template yang tersedia.
Ø Themes untuk membuat presentasi baru
dengan menggunakan pilihan slide yang sudah memiliki background slide.
Ø My Templates untuk membuat presentasi
baru dengan menggunakan pilihan slide yang sudah anda buat sendiri sebelumnya.
Ø New From Existing untuk membuat
presentasi dengan cara mengambil dari file presentasi yang sudah ada.
Gambar
2. Sebagai contoh pilih blank presentasi
dan klik tombol Create, atau tekan tombol Ctrl + N sehingga akan ditampilkan
lembar kerja slide kosong seperti pada gambar:
3. Dalam lembar kerja slde kosong tersebut,
anda sudah bisa memulai mendesain objek-objeknya.
A.
Menyisipkan Objek, Diagram, Chart, Tabel dan Word Art.
1. Menyisipkan Objek
a. Objek Gambar
·
Klik
ikon Insert Picture From File yang terdapat dalam lembar kerja slide. Atau
pilih tab Insert, dan klik tombol dialog Picture dalam grup image untuk
menampilkan kotak dialog Insert Picture.
·
Tentukan
lokasi drive dan folder file gambar
·
Pilih
file gambar dan klik tombol Insert untuk memasangnya.
b. Mengambil gambar dengan screenshot
·
Sebagai
contoh buka program Paint dengan cara: klik tombol Start → All Programs
→Accessories → Paint
·
Buka
program Ms-Power Point 2010. Kemudian pilih tab Insert, dan klik tombol
screenshot dalam grup image untuk menampilkan jendela Available Windows.
Gambar:
·
Dalam
jendela Available Windows, pilih gambar jendela Paint dan perhatikan dalam
lembar kerja slide
c. Memasang Objek Shape
·
Pilih
tab Insert dan klik tombol shape dalam grup Ilustration untuk menampilkan
daftar pilihan objek shape
Gambar
·
Pilih
salah satu objek shape dan pasang dengan cara:
ü Kilk pada lembar kerja slide sehingga
objek akan dipasang dengan ukuran.
ü Arahkan pointer mouse dalam slide dan
lakukan proses klik tahan dan geser untuk memasang objek shape dengan ukuran
yang diinginkan. Atau tekan tombol Shift klik tahan dan geser untuk memasang
objek dengan ukuran simetris.
2. Diagram
a. Membuat Diagram SmartArt
·
Buat
slide baru dengan pilihan layout Title and Content, dan klik ikon Insert
SmartArt Graphic yang tertera dalam lembar kerja slide. Atau klik tombol
smartart yang ada pada tab insert dalam grup illustration.
·
Pada
panel bagean kiri, pilih tipe diagram yang akan anda buat dan pilih pula layout
pada panel bagian kanan. Sebagai contoh tipe Cycle dengan pilihan layout
Continuous Cycle. Selanjutnya klik OK.
·
Masukan
teks ke masing-masing shape diagram dengan cara: klik area [ Text ] dan ketik
teksnya.
b. Membuat Diagram Grafik
·
Buat
slide baru dengan pilihan layout Title and Content, Two Content atau
Comparison. Dalam lembar kerja slide, klik ikon Insert Chart. Atau klik tombol
Chart pada tab insert grup illustration.
·
Selanjutnya,
pilih tipe grafik pada panel bagian kiri dan pilih pula model grafiknya pada
panel bagian kanan. Setelah itu klik tombol OK, sesaat akan ditampilkan jendela
MS-Excel, sebagai tempat untuk mengetik data sumber pembentuk grafik.
·
Dalam
lembar kerja MS-excel ketikan data grafiknya dalam kotak range yang bergaris
warna biru.
·
Selanjutnya
tutup jendela MS-Excel dengan cara: klik tombol Close → Alt+F4
3. Tabel
·
Buat
slide baru dengan pilihan layout Title and Content
·
Dalam
lembar kerja slide, kill ikon Insert Table untuk menampilkan kotak dialog
Insert Table
·
Pada
kotak isian Number of Columns tentukan jumlah kolom table yang dibutuhkan. Dan
pada kotak Number of rows tentukan pula jumlah barisnya
·
Setelah
table terbantuk, coba inputkan datanya
4. Word Art
·
Aktif
pada lembar kerja slide
·
Pilih
tab insert dan klik tombol WordArt dalam grup Text
·
Pilih
salah satu jenis wordart yang diinginkan dan ketikan isi teksnya dan klik
diluar teks untuk mengakhirinya.
B.
Menyisipkan Audio
1.
Memasang Audio dari File
·
Pilih
slide yang akan dipasang audio
·
Pada
tab Insert dalam grup Media Clip, klik drop down tombol audio dan pilih audio
from file sehingga akan ditampilkan kotak dialog insert audio
·
Tentukan
lokasi file audionya kemudian pilih file dan klik tombol insert.
·
Klik
tombol play untuk memainkan audionya. Jika ingin menghentikannya klik pause,
untuk mengatur volume suaranya arahkan pointer mouse ke ikon kemudian geser
sldernya keatas atau bawah.
2.
Memasang Audio dari Clip Art
·
Pilih
slide
·
Pada
tab insert dalam grup media klik tombol audio dan pilih clip art audio untuk
membuka taskpane clip art
·
Klik
tombol GO dan pilih salah satu audio yang tersedia dalam taskpane clip art.
3.
Memasang Audio dari Hasil Rekaman
·
Pasanglah
microphone pada computer anda, dan aktifkan pada slide
·
Pada
tab insert dalam grup Media klik tombol Audio dan pilih Audio Record untuk
membuka kotak dialog Record Sound
·
Pada
kotak isian Name ketik nama suaranya. Selanjutnya arahkan microphone ke sumber
suara yang ingin direkam, dan klik tombol record untuk merekamnya. Jika ingin
menghentikan proses rekamannya, maka klik tombol stop. Klik tombol play untuk
menguji suara hasil rekamannya. Klik tombol OK untuk mengakhiri proses.
C.
Mengatur Efek Animasi
1. Mengatur Awal mulai
menjalankan Animasi
·
Pilih
objek yang telah dianimasikan
·
Pilih
tab Animations pada grup Timing bagian Start, pilih salah satu perintah
berikut:
ü On Click untuk menjalankan animasi
dengan menggunakan tombol klik kiri mouse
ü With Previous untuk menjalankan animasi
yang terpasang pada beberapa objek secara otomatis dan bersamaan
ü After Previous untuk menjalankan animasi
yang terpasang pada beberapa objek secara satu persatu berdasarkan nomor urut.
·
Selanjutnya
klik tombol preview atau tekan tombol F5 untuk mengujinya dalam tampilan slide
show.
2.
Mengatur Durasi Jalannya Animasi
·
Pilih
objek yang telah dianimasikan
·
Pada
tab Animations dalam grup timing tentukan nilai durasinya pada kotak isian
duration. Dengan catatan, semakin kecil nilai durasinya maka gerakan animasinya
semakin cepat.
·
Klik
tombol preview atau tekan tombol F5 untuk melihat hasilnya dalam tampilan slide
show.
3. Mengatur Waktu Mulai
Dijalankannya Animasi
·
Pilih objek yang telah dianimasikan
·
Pada
tab animation dalam grup timing tentukan nilai selang waktunya pada kotak isian
Delay
·
Klik
tombol preview atau tekan F5 untuk melihat hasilnya.
4.
Mengatur Urutan Jalannya Animasi
·
Pilih
objek yang akan diatur urutan jalannya animasi
·
Pada
tab animation dalam grup timing klik tombol move earlier atau move later dan
perhatikan perubahan nomor urut animasinya
·
Klik
tombol preview atau tekan F5 untuk melihat hasilnya.
5.
Menambah Efek Suara pada Animasi
·
Pilih
objek yang telah dianimasikan untuk diberi efek suara
·
Pilih
tab animations dan klik animation pane dalam grup Advanced animation sehingga
akan ditampilkan taskpane Animation pane.
·
Dalam
taskpane animation pane , klik kanan nama objek yang akan diberi efek suara dan
pilih Effect Options untuk menampilkan kotak dialog efek.
·
Pada
bagian Sound pilih efek suaranya. Jika ingin mengambil suara dari file koleksi
pribadi, maka pilih Other Sound, jika ingin menonaktifkan maka pilih No Sound,
klik tombol dan geser slidenya ke atas atau kebawah untuk mengatur volume
suaranya.
·
Selanjutnya
klik OK untuk mengakhiri proses
·
Klik
tombol preview atau tekan F5 untuk mengujinya.
D.
Mencetak Presentasi Hand Out
·
Buka
file presentasi yang akan dicetak, dan pasang kertas ke printer
·
Klik
tab file → print untuk menampilkan jendela print
·
Pada
kotak isian Coples tentukan jumlah salinan cetakan untuk tiap slide
·
Pada
bagian printer pilih jenis printer yang akam digunakan
·
Pada
bagian settings, pilih pengaturan pada tombol-tombol berikut:
Ø Print All Slide, tombol ini memiliki pilihan:
ü Print all slides untuk mencetak semua
slide dalam presentasi..
ü Print selection untuk mencetak beberapa
slide yang terpilih.
ü Print current slide untuk mencetak
sebuah slide yang aktif atau terbuka dalam jendela power point.
ü Custom range untuk mencetak slide
tertentu.
ü Print hidden sliders untuk mencetak
slide-slide yang disembunyikan.
Ø Full Page Side, tombol ini memiliki pilihan:
ü Full page slide, untuk mencetak halaman slide secara
penuh.
ü Notes Pages, untuk mencetak slide dalam bentuk catatan.
ü Outline, untuk hanya mencetak teks dalam slide.
ü Slide, untuk mencetak satu slide dalam satu halaman.
ü Frame Slide, untuk mencetak slide dengan menyertakan
frame nya.
ü Scale to Fit Paper, digunakan apabila kertas dalam printer
tidak mampu memuat ukuran slide.
ü High Quality, untuk mencetak slide dengan kualitas
tinggi.
ü Print Comments and Ink markup untuk mencetak teks
komentar dalam slide.
Ø Collated untuk mengatur urutan percetakan slide.
Ø Grayscale untuk menentukan warna hasil cetakan. Tombol
ini memiliki pilihan berikut:
ü Color untuk mencetak slide dengan hasil berwarna.
ü Black & white untuk mencetak slide dengan warna hitam
dan putih.
ü Pure Black & White untuk mencetak slide dengan warna
hitam dan putih walau printer-nya berwarna.
Ø Edit Header & Footer untuk mengubah isi catatan
kepala dan catatan kaki dalam slide.
·
Setelah selesai mengatur tatanan percetakan, lanjutan dengan meng-klik
tombol print untuk mulai mencetak.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Membuat Lembar Kerja Presentasi
Langkah
untuk membuat presentasi adalah:
a. Dalam jendela Power Point 2010, klik tab
File → New ,
b. Sebagai contoh pilih blank presentasi
dan klik tombol Create, atau tekan tombol Ctrl + N sehingga akan ditampilkan
lembar kerja slide kosong.
c. Dalam lembar kerja slde kosong tersebut,
anda sudah bisa memulai mendesain objek-objeknya.
2. Menyisipkan Objek
a. Objek Gambar
b. Mengambil gambar dengan screenshot
c. Mengambil objek shape.
3. Diagram
a. Membuat Diagram SmartArt
b. Membuat Diagram Grafik
4.
Tabel
5.
Wordart
6.
Menyisipkan Audio
a.
Audio dari file.
b.
Audio dari galeri clip art
c.
Audio dari hasil rekaman
7. Mengatur Efek Animasi.
a. Mengatur awal mulai menjalankan animasi.
b. Mengatur durasi jalannya animasi.
c. Mengatur waktu mulai dijalankannya animasi.
d. Mengatur urutan jalannya animasi.
e. Menambah efek suara pada animasi.
DAFTAR PUSTAKA
Madiun,
Madcoms. 2011. Microsoft PowerPoint 2010 untuk pemula. Yogyakarta.
CV ANDI OFSET.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar